SINERGI BEA CUKAI BALIKPAPAN BERSAMA INSTANSI TERKAIT DALAM RANGKA PELAYANAN IBADAH HAJI 1440 HIJRIAH

Mulai tanggal 19 Juli 2019 jadwal keberangkatan bagi jemaah haji melalui Embarkasi Haji Balikpapan kloter pertama resmi dibuka. Pembukaan keberangkatan pertama dilepas langsung oleh Gubernur Kalimantan Timur, Isran Noor di Asrama Haji Balikpapan. Jumlah calon jemaah haji yang akan diberangkatkan dari Balikpapan sebanyak 6.812 jiwa yang akan terbagi dalam beberapa kloter keberangkatan.

Sehubungan dengan kegiatan tersebut, Bea Cukai Balikpapan bersama instansi lainnya yang terkait bersinergi dalam kegiatan pemberangkatan calon jemaah haji mulai tanggal 5 Juli 2019 sampai dengan 5 Agustus 2019. Demi kelancaran ibadah para calon jemaah haji, Bea Cukai bertugas untuk membantu calon jemaah sejak memasuki asrama hingga keberangkatan ke Tanah Suci dengan melakukan pelayanan dan pengawasan arus lalu lintas barang.

Dalam kesempatan tersebut, Bea Cukai juga turut menyampaikan beberapa aturan terkait barang bawaan penumpang yang akan dibawa keluar dan masuk daerah pabean yakni perhiasan agar dibawa seperlunya, rokok maksimal 200 batang, cerutu paling banyak 24 batang dan produk hasil tembakau lainnya maksimal 500 gram, serta jemaah haji yang membawa uang tunai senilai lebih dari Rp100.000.000,00 (Seratus Juta Rupiah) atau mata uang asing yang senilai dengan itu wajib menyampaikan pemberitahuan pabean dengan mengisi formulir pembawaan uang tunai seperti yang diatur dalam PMK 203 Tahun 2017 tentang Ketentuan Ekspor dan Impor Barang yang Dibawa Penumpang dan Awak Sarana Pengangkut. Hal ini dimaksudkan agar para calon jemaah haji tidak membawa barang yang tidak sesuai ketentuan pemerintahan Republik Indonesia dan Arab Saudi, sehingga para jemaah haji bisa lebih fokus dalam melaksanakan ibadah haji.