Bea & Cukai Gagalkan Penyelundup Pakaian Bekas Asal Malaysia

Bea & Cukai Gagalkan Penyelundup Pakaian Bekas Asal Malaysia

 

Petugas Bea dan Cukai Bontang berkerja sama dengan Kantor Wilayah Bea dan Cukai Kalimantan Bagian Timur menangkap kapal penyelundup pakaian bekas atau ballpress asal Malaysia di perairan Bontang, Kalimantan Timur, Selasa (18/09/2017).

Kapal pengangkut pakaian bekas yang ditangkap, yaitu KM Mampotu GT.35 NO.933/11M. Kapal ditangkap oleh Petugas Bea dan Cukai Bontang yang sedang melakukan Patroli Laut. Selain mengamankan kapal dan pakaian bekas, Petugas Bea dan Cukai juga mengamankan 5 orang ABK.

Sebagai tindak lanjut kasus, petugas mengamankan barang bukti berupa sebuah kapal motor KM Mampotu GT.35 NO.933/11M dan muatan pakaian bekas ke Pelabuhan Semayang, untuk pemeriksaan lebih lanjut.

Pakaian bekas merupakan barang yang dilarang untuk diimpor berdasarkan Peraturan Menteri Perdagangan Republik Indonesia Nomor 51/M-Dag/Per/7/2015 tentang Larangan Impor Pakaian Bekas karena pakaian bekas asal impor berpotensi membahayakan kesehatan manusia sehingga tidak aman untuk dimanfaatkan dan digunakan oleh masyarakat.